smpn44bks@gmail.com
(021) 89233665
VAKSINASI SISWA DAN SISWI SMPN 44 KOTA BEKASI


Di masa pandemi ini dimana semua kegiatan sepertinya sangat dibatasi terutama masalah pendidikan. Sekolah dengan pembelajaran jarak jauh dirasa makin membebani siswa. Untuk itu dibutuhkan gerakan cepat agar pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan sesegera mungkin. Salah satu solusi adalah dengan pemberian vaksinasi bagi peserta didik dan Para Pendidik.  

Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi bersama Walikota Bekasi Nomor : 005/5399/SETDA.TU tanggal 19 Juli 2021, dan memperhatikan surat perintah Wali Kota Bekasi Nomor : 800/ 5407/ Setda. TU tentang pelaksanaan vaksinasi anak usia 12 sd 17 tahun untuk pencegahan penyebaran corona virus disease (covid-19) di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bekasi, bahwa program vaksinasi dalam pencegahan, perkembangan dan penyebaran corona virus disease (covid-19) di lingkungan satuan pendidikan serta perkembangan kondisi saat ini maka vaksinasi dIgelar di seluruh SMP/MTS dan Madrasah Aliyah (MA) untuk melakukan inventarisir data siswa usia 12-17 tahun.  

Kepala satuan pendidikan membuat surat edaran kepada orang tua peserta didik tentang pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 12-17 tahun dan mengisi Kartu Kendali Pelayanan Covid-19, mempersiapkan fotokopi Kartu Keluarga dan surat persetujuan orang tua / wali siswa dan dibawa saat pelaksanaan vaksinasi.   Pelaksanaan vaksinasi pertama gelombang 1 dimulai tanggal 4 - 11 Agustus 2021. Adapun tempatnya di Sekolah yang ditunjuk dengan memperhatikan kapasitas dan fasilitas sekolah dan melakukan koordinasi dengan dengan Lurah, Kepala Puskesmas dan Camat setempat.  

Kepala satuan pendidikan SMP/MTs dan MA membentuk Tim Vaksinasi untuk kelancaran pelaksanaan tersebut. Satuan pendidikan yang digunakan untuk tempat vaksinasi agar menyiapkan sarana dan prasarana (meja, kursi, komputer/laptop dan printer) dan melaporkan peserta didik yang sudah divaksinasi ke Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi.  

Pada vaksinasi Dosis 1 Gelombang 1 SMPN 44 Kota Bekasi melaksanakan vaksinasi di SMPN 21 dengan total jumlah peserta vaksin 5.001 peserta dan jumlah tenaga kesehatan 150 Nakes dan 60 Admin dan pelaksanaan di tanggal 4 Agustus 2021 Pukul 07.00 sd selesai. Jumlah peserta Vaksin ini merupakan gabungan dari beberapa sekolah diantaranya : SMPN 21 Bekasi, SMPN 44 Bekasi, dan beberapa sekolah SMP swasta di sekitar Bekasi Utara.  

Pada vaksinasi Dosis 1 Gelombang 1 tanggal 4 Agustus 2021 ini awalnya peserta melakukan registrasi ke administrasi dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga, Kartu Kendali Vaksin dan Surat Persetujuan orang tua siswa. Setelah itu peserta melakukan screening /Pengecekan suhu tubuh dan tensi darah oleh Nakes serta nakes mengisi kartu kendali vaksin mengenai kesiapan kondisi siswa. Setelah itu peserta mulai divaksin dan diobservasi selama 10-25 menit. Jika tidak ada keluhan peserta vaksin boleh pulang ke rumah masing-masing.  

Sebelum divaksin, para walas sudah mengingatkan para peserta didik untuk sarapan terlebih dahulu di rumah masing-masing dan membawa bekal/minuman dari rumah. Mereka juga diingatkan untuk membawa fotokopi KK, Kartu kendali Vaksin dan surat persetujuan orangtua.  

Pada awalnya semua berjalan dengan tertib dan lancar. Ketika peserta dari SMPN 44 Bekasi hadir ke tempat lokasi vaksin pukul 09.00 wib sesuai jadwal ternyata terjadi penumpukan jumlah peserta karena peserta dari sekolah asal baru 20% yang terlayani. Penyebab utamanya ternyata dari registrasi dan banyaknya tahapan yang harus diinput di Peduli Lindungi/berkaitan dengan jaringan internet dan lamanya loading penginputan. Semakin siang suasana semakin ramai. Peserta mulai gelisah.  

Setelah menunggu kurang lebih 2,5 jam akhirnya giliran peserta dari SMPN 44 Kota Bekasi mendapat giliran antrian pukul 11.30 Wib dan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Setelah semua tahapan dilalui dan peserta didik pulang dengan tertib.  

Alhamdulillah selama selesai vaksin tidak ada laporan keluhan yang berarti. Hanya ada 2 siswa yang melaporkan keluhan sakit dan sudah tertangani dengan baik.  

Pada vaksinasi Dosis 1 Gelombang 2 pada tanggal 19 Agustus 2021, SMPN 44 Bekasi melaksanakan vaksinasi di sekolah sendiri dengan peserta 139 Siswa, juga dari sekolah SMP Al Manar 70 siswa, SMP Citra Kencana 6 siswa, SMP Gelora 11 siswa, SMP Mutiara 11 siswa, dan MTs At Taqwa 10 dengan peserta 70 siswa.  

Alhamdulillah pelaksanaan vaksin Dosis 1 Gelombang 2 ini berjalan dengan tertib. Hal ini disebabkan karena persiapan yang lebih matang dengan mengacu pada pengalaman vaksin gelombang 1 sebelumnya. Semua lebih disempurnakan lagi dan lebih mengutamakan kenyamanan dan keamanan serta rasa tenang saat divaksin.  

Pada vaksinasi Dosis 2 Gelombang 1 pada tanggal 4 September 2021, SMPN 44 Bekasi melaksanakan vaksinasi di Puskesmas Teluk Pucung. Pesertanya merupakan siswa SMPN 44 yang sudah melakukan vaksinasi pertama di SMPN 21 Bekasi. Alhamdulillah sebanyak 355 siswa hadir. Dimulai dari kelas 7 pada pukul 10.00 - 11.00 wib. Kelas 8 dimulai pukul 11.00 - 12.00 wib. Kelas 9 dimulai pukul 13.00 - 14.00 wib. Peserta didik wajib menggunakan seragam putih biru. Hal ini bertujuan untuk mempermudah petugas vaksin dalam membedakan jenis vaksinnya. Untuk Pelajar meggunakan vaksin Sinovac sedangkan untuk masyarakat umum menggunakan vaksin Pfizer.  

Pada vaksinasi Dosis 2 Gelombang 2 pada tanggal 16 September 2021, SMPN 44 Bekasi melaksanakan vaksinasi di SMPN 21 Bekasi. Jumlah siswa yang divaksin 139 Siswa. Dimulai dari pukul 13.00 -15.00 wib. Alhamdulillah vaksinasi berjalan dengan lancar.  

Pada kegiatan vaksinasi ada juga yang gagal divaksin. Ada beberapa alasan diantaranya : belum cukup umur, baru sembuh dari Covid (belum sampai 3 bulan), dan dalam kondisi kurang sehat. Pada Dosis 1 Gelombang 2 Jumlah siswa yang gagal vaksin ada 6 siswa. Pada Dosis 2 Gelombang 1 ada 2 siswa yang gagal vaksin. Pada Dosis 2 Gelombang 2 ada 2 siswa yang gagal divaksin.  

Para siswa bisa melihat sertifikat vaksin dengan mendownload/mengunduh aplikasi pedulilindungi di playstore HP masing-masing siswa. Caranya cukup mudah tinggal login ke aplikasi dengan memasukkan nomor hp/alamat email yang aktif. Selanjutnya memasukkan kode OTP (one-time password) yang dikirimkan ke email atau SMS ke kolom yang tersedia. Setelah itu melanjutkan dengan mengklik tombol verifikasi. Di layar utama, klik Akun di pojok kanan atas dan pilih tombol “Sertifikat Vaksin”. Lalu klik nama siswa, maka akan muncul opsi sertifikat vaksin yang pertama dan kedua. Selanjutnya pilih Sertifikat yang ingin di download, lalu tekan tombol “Unduh Sertifikat”.  

Kendala yang dihadapi masalah sertifikat vaksin biasanya masalah nik yang tidak sesuai dengan nama siswa serta nomor hp yang sudah tidak aktif. Untuk masalah nik yang tidak sesuai, para siswa disarankan untuk ke Disdukcapil untuk memverifikasi datanya dengan membawa kartu keluarga. Cara mendapatkan sertifikat vaksin yang bermasalah vaksinasi covid dosis 1 dan dosis 2 dapat beremail ke layanan vaksin@pedulilindungi.id atau email ke sertifikat@pedulilindungi.id dengan format email : nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, nomor handphone serta melampirkan foto dan kartu vaksinasinya.  

Alhamdulillah secara keseluruhan vaksinasi berjalan dengan tertib dan lancar. Semoga dengan adanya vaksinasi ini akan membuat peserta didik semakin percaya diri dan menjadi benteng yang aman dalam perlindungan diri dari virus corona ini. Sehingga kedepannya pembelajaran tatap muka akan bisa terealisasi lebih cepat dan lebih baik lagi.    



    Penulis : Susiani, S. P.,M. Pd (Guru IPA SMPN 44 Bekasi)



Editor : Drs. H. Dwi Kusdinar (Kepsek SMPN 44 Bekasi)

Humas | 04 Oktober 2021| Dibaca : 251